Kamis, 28 Maret 2024

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

 

PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Foto: Yuyu Yuniawati)

PURBALINGGA – Penyuluh Agama Islam (PAI ) Fungsional dan NON PNS Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah menyalurkan sejumlah paket bingkisan lebaran kepada para Mualaf.

PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg menjelaskan kegiatan menyalurkan paket atau bingkisan kepada para mualaf merupakan rangkaian kegiatan atau agenda Ramadhan 1445 H.

Zamroni Irham, S.Sos dan Pujianto, S.Sos saat mengisi Pesantren Kilat selama 2 hari (2-21/3/2024) di MIMA Blater, dan MIM Babakan, Kalimanah oleh Azizah Dwi Purba, S.Sos (Foto: Zamroni Irham).

“Selama Ramadhan PAI KUA Kalimanah menyelenggarakan kegiatan tahsin al Quran bagi para guru RA/BA, Pesantren Kilat selama 2 hari di MIMA Blater dan MIM Babakan, Buka Bersama dan Pengajian, Penggalangan dana dan penyaluran bingkisan untuk para mualaf,” jelasnya saat acara Buka Bersama (bukber) di Mushala al Furqon di Desa Klapasawit, Kalimanah. Rabu (27/3/2024) Kemarin.

Menurutnya dana bingkisan dikumpulkan dari para donator dan juga dari internal lingkungan KUA Kalimanah.

“Di Kalimanah ada 12 Mualaf yang tersebar di tujuh Desa. Sebelas paket telah kami salurkan kepada sebelas orang Mualaf, karena satu Mualaf ada diperantauan,” katanya.

PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyampaikan tausiyah di Mushala al Furqon Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Foto: Yuyu Yuniawati)

Dalam acara Bukber tersebut sbelumnya disampaikan tausiah dan informasi tentang kepenyuluhan, diantaranya tentang Pelayanan KUA, tugas dan fungsi PAI, informasi tentang nikah, umroh dan haji, wakaf hingga sertifikat halal.

Yuyu sapaan akrabnya, didampingi PAI Non PNS yakni Supriyono dan M Zainal Abidin berharap kegiatan PAI yang bergerak langsung kemasyarakat tidak hanya sebatas menjalin siliaturahim.

Tahsin Al Quran bagi guru RA/BA kerjasama FKPAI dengan IGRA Kecamatan Kalimanah, diikuti sejumlah 40 orang, Rabu (20//2024) (Foto: Yuyu Yuniawati)

“Semoga kegiatan ini selain membawa manfaat bagi kita semua, juga bisa terus dipupuk dan dikembangkan dengan inovasi dan bisa berkolaborasi dengan unsur atau kelompok masyarakat lainya,” harapnya.

Sebagai informasi, PAI KUA Kalimanah telah mengadakan kegiatan rutin pengajian bagi para mualaf dua pekan sekali. 

PAI KUA Kalimanah foto bersama MT Babbul Ghufron di Desa Blater, Kalimanah, Rabu (6/3/2024) (Foto: Imam Edi Siswanto)

Kemudian kegiatan peningkatan pemahaman ilmu agama, seperti bimbingan perkawinan, pendampingan ikrar wakaf, sertifikat halal, tahsin al Quran, pembuatan rekomendasi ijin operasional (Ijop) TPQ dan Madin.

Selanjutnya kegiatan pencegahan Narkoba dan HIV AIDS, Keluarga Sakinah hingga pelayanan pendaftaran haji dan Pengajian bersama ibu ibu Majelis Taklim Babul Ghufron di Desa Blater, dan lain lain.(IES)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...