Rabu, 13 November 2013

Membuat Video Sederhana dari Handycam





Pengalaman membuat atau menyimpan video hasil rekaman sendiri adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Sedikit cerita pengalaman pada era 90-an video yang kami buat belum sebagus atau semudah sekarang ini. Saat itu type kamera/camcoder yang saya miliki baru type VHS cukup besar memang jika dibandingkan dengan yang sekarang type kaset HI 8 atau MiniDV yang paling kecil.

Memang dulu saya belum mengenal edit di komputer atau editing, waktu itu edit langsung pada objek yang akan di shoot jika gagal maka di ulang dan bisa di edit dengan menggunakan video player recorder secara manual...he..he...asyik ya...itu cerita dulu...1990-an.(untuk type camcoder paling mutahir silahkan update di internet)

Nah sekarang, kalau anda membeli camcoder type handycam anda tinggal menginstal cd yang sudah disertakan dari produk camcoder itu. jadi setelah di instal silahkan anda melengkapi PC anda dengan hardware Audio Videonya/AV agar kita bisa menginput hasil rekaman kita.

Kemudian buka sofwer bawaan dari produk dan inport video itu ke media edit ( biasanya editnya sangat sederhana dan mudah ). Setelah dirasa cukup dengan ada yang dipotong/dibuang, ada titel/tulisan silahkan diburning/dicopy ke format VCD atau DVD. Dengan demikian PC anda harus suport dengan adanya fasilitas VCD/DVD room-nya.

Mudahkan ? selamat mencoba dan berbagi keceriaan dengan keluarga serta jangan lupa simpanlah kaset hasil rekaman anda di tempat yang kering karena kaset itu adalah master rekaman anda, jika sewaktu-waktu VCD hasil rekaman anda rusak atau hilang, anda masih memiliki masternya dan bisa di olah kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...