Minggu, 17 Januari 2021

Video Belajar Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah Bersama Pak Ies

Yuk, belajar menulis dan membaca huruf Hijaiyah bersama Pak Ies.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Salam sejahtera bagi kita sekalian, puji syukur kehadirat Allah SWT, sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan nabi Muhammad saw.

Ungkapan rasa syukur yang tak terhingga, kami bisa menghadirkan video pembelajaran cara menulis dan  membaca huruf hijaiyyah youtube.

Dalam tahapan ini, diharapkan anak-anak atau santri/wan/ti dapat melihat cara menulisnya dengan baik dan benar sekaligus bisa menyimak cara mengucapkanya.

Menulis huruf hijaiyyah berbeda dengan menulis huruf alphabeta yang dimulai dari sebelah kiri kemudian ke kanan. Namun sebaliknya menulis huruf hijaiyyah, yakni dimulai dari sisi kanan kemudian mengarah ke sisi kiri.

Dalam menulis huruf arab atau huruf hijaiyyah perlu kesabaran, ketelatenan dan ketelitian. Karakter huruf kaligrafi arab cenderung lebih pada bentuk huruf yang melengkung.

In sya Allah, dengan kesabaran dan sungguh-sungguh dalam belajar ahirnya bisa menulis dengan baik dan benar.

Dan dalam video kali ini, kami menampilkan juga huruf-huruf tunggalnya agar mudah dilihat dan diingat oleh pemirsa (anak-anak).

Dalam tahap belajar, kami sarankan sebaiknya menggunakan juga buku tulis yang bergaris. Hal ini untuk membantu memudahkan arah menulis hurufnya. Selain tampak rajin dan rapih, buku tulis bergaris juga membantu posisi atau letak huruf yang benar.

Kemudian untuk menghindari huruf-huruf hijaiyah yang kita tulis terkesan tidak beraturan, maka sebaiknya dibagian ahir lembar kita ganti baris dengan memberi sepasi atau sela bagian garis yang kosong.

Untuk tahap pertama, belajar menulis huruf hijaiyah tunggal, artinya kami belum menghadirkan cara menulis huruf yang disambung. Baik pada posisi di depan, di tengah dan di ahir, untuk bab ini, in sya Allah akan kami rilis pada seri berikutnya, mohon doanya saja semoga segera bisa produksi dan dipublish.

Untuk lebih menarik anak-anak dalam belajar menulis dan membaca huruf hijaiyyah, kita sebagai orang tua juga harus sabar dan kreatif. Hal ini bertujuan agar anak-anak merasa betah dan senang.

Alat peraga seperti poster, gambar dan lainya bisa menjadi sarana pendukung untuk proses belajar menulis huruf hijaiyyah. Kesan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain tetap bisa digabungkan.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. (IES)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...