Rabu, 20 Januari 2021

Video Belajar Menggambar Kendaraan Dari Angka 1 Bersama Pak Ies (Part 1)

Menggambar merupakan salah satu bagian dari aktifitas anak-anak yang harus kita bimbing dan kita arahkan agar potensi itu semakin terarah.

 

Dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Taman Pendidikan Quran (TPQ) ada materi yang disebut Bermain, Cerita dan Menyanyi atau Menggambar.

 

Nah, pada sesi ini, kami menghadirkan cara atau belajar menggambar untuk anak-anak di mulai dari angka satu (1). Kita tahu bahwa angka 1 adalah huruf pertama yang lazim kita kenalkan pada anak-anak. Dan cara menulisnya pun sangat mudah.

 

untuk itu, angka 1 menjadi sesi perdana kami dalam membuat video pembelajaran menggambar dengan pola atau seketsa sederhana.

 

Garis lurus dari atas ke bawah, adalah salah satu bagian sebuah bangunan yang banyak kita jumpai. Dan hukum alam itu, telah mengajarkan semua kepada kita.

 

Dengan demikian, kami insyaallah yakin anak-anak akan suka dan dalam proses menggambarnyapun mudah karena dimulai dari garis lurus yang seperti angka 1.

 

Ada empat obyek gambar yang bisa dibuat, kali ini focus pada alat transportasi atau kendaraan yang hamper sehari-hari kita jumpai.

 

Pada sesi pertama, yakni sebuah gambar mobil jeep, kemudian kendaraan besar sepertu bus, lalu kendaraan truk angkut dan yang terahir adalah gambar kereta cepat.

 

Empat obyek gambar dalam video tersebut hanya sebagai sampel saja, anak-anak bisa diberi kebebasan untuk menggambar sesuai keinginan atau sesuai dari apa yang ada dalam alam pikiranya.

 

Kita sebagai orang tua cukup membimbing dan mengarahkan pada obyek atau gambar yang baik. Sebuah obyek atau gambar yang mengandung edukasi dan pesan moral.

 

Banyak sekali obyek gambar yang bisa kita hadirkan pada anak-anak, mulai dari buah-buahan, binatang, tanaman, obyek bangunan, alat transportasi, alat rumah tangga, alat sekolah dan lain-lain.

 

Setelah menggambar, anak anak juga bisa melanjutkan dengan memberi warna sesuai kesukaannya. Atau belajar mewaarnai disesuaikan dengan gambar aslinya, agar anak belajar merekam keadaan, seperti warna biru langit, warna hijau daun, warna coklat seperti tanah atau batang pohon dan lain-lain.

 

Demikian semoga bermanfaat.(IES)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...