Sabtu, 29 Februari 2020

Jumat Berkah, Jemaah Masjid Baitul Muttaqin Penaruban Rutin Sedekah Ratusan Nasi Kotak


Sebagian panitia atau takmir masjid sedang mempersiapkan nasi kotak untuk dibagikan kepada jemaah. (Foto: Imam ES)
Sejak bulan Agustus 2019 lalu, takmir dan sebagian jemaah masjid Baitul Muttaqin Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah rutin melakukan gerakan sedekah nasi kotak maupun nasi bungkus di hari Jumat untuk para jemaah Jumatan.

Sedikitnya ada 400 nasi kotak dan nasi bungkus yang dibagikan kepada para jemaah usai melaksanakan shalat Jumat. Sebagian besar jemaah membawa pulang nasi tersebut namun tidak sedikit juga jemaah yang menikmatinya langsung di teras atau halaman masjid.
Panitia atau takmir masjid tampak sedang membagikan nasi kotak kepada jemaah Jumat di masjid Baitul Muttaqin (Foto: Imam ES)
Menurut Ketua Takmir Masjid Baitul Muttaqin Desa Penaruban, H. Sutaryo, SH, gerakan Jumat Berkah dengan sedekah nasi berawal dari 50 bungkus yang diprakarsai oleh salah satu takmir masjid.

 
Dalam perkembangannya, ternyata sambutan masyarakat sangat bagus. Hal ini, terbukti dengan adanya jemaah yang ingin mendonasikan nasi mendaftarkan diri ke Takmir masjid Baitul Muttaqin. Bahkan donasi nasi juga datang dari luar jemaah masjid.
 
Sebagian panitia Jumat Berkah berbaur dengan jemaah yang sedang menikmati nasi kotak. (Foto: Imam ES)
Secara teknis, pembagian nasi kotak tersebut dikoordinasi oleh ibu-ibu Pimpinan Ranting Aisiyah, Pemuda Muhammadiyah dan KOKAM Ranting Penaruban. Dengan dibagi dua tempat, di sebelah kanan dan kiri masjid, memudahkan panitia dalam pembagian nasi kotak.

Gerakan Jumat Berkah dengan nasi kotak atau nasi bungkus tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh jemaah masjid, namun juga bagi jemaah luar atau yang singgah untuk menunaikan shalat jumat dan shalat duhur. Selain itu juga menggerakan usaha kecil, terutama yang memiliki usaha makanan ataupun warung nasi. (ies)

#Jumat Berkah
#Nasi Bungkus
#Nasi Kotak
#Sedekah
#Masjid Baitul Mutaqin
#Penaruban
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...