Sabtu, 14 Maret 2020

Sambut Ramadhan 1441 H, TPQ Nurul Iman Penaruban Gelar Kerja Bakti Tiga Hari


Santri TPQ Nurul Iman kelas Quran saat kerja bakti di mushala an Nuur, Selasa (10/3/2020). (Foto: Imam ES)

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H, puluhan santri TPQ Nurul Iman Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar kerja bakti bersih-bersih mushala dan ruang kelas selama tiga hari, Selasa-Kamis (10-12/3/2020).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, berlangsung di tiga tempat. Yakni di mushala al Haq, mushala an Nuur dan ruang kelas MIM Penaruban. Ketiga tempat tersebut merupakan tempat belajar bagi santri kelas TK, kelas Iqro dan kelas Quran.
Santri TPQ Nurul Iman kelas Quran sedang bekerja bakti membersihkan karpet dan lantai di mushala an Nuur, Selasa (10/3/2020). (Foto: Imam ES)
Dengan didampingi oleh para ustadz, anak-anak tampak semangat dalam bekerja bakti. Ada yang menyapu, mengepel, membersihkan jendela, almari, karpet, menata buku dan al Quran. Untuk peralatan sebagian anak-anak ada yang membawa sendiri dari rumah, seperti kain lap dan kemoceng atau sulak.


Dihari pertama, Selasa (10/3/3/2020) anak-anak kelas al Quran bekerja bakti membersihkan mushala an Nuur yang berada di komplek MIM Penaruban. Dengan dipandu ustdaz Imam ES, anak-anak mulai membersihkan karpet dan menyapu lantai hingga teras dan halaman mushala.
Santri TPQ Nurul Iman kelas Quran bersama ustadz sedang bekerja bakti di mushala an Nuur, Selasa (10/3/2020). (Foto: Imam ES)
Kemudian anak-anak melanjutkan merapikan mukena, buku dan al Quran yang berada di almari. Mimbar mushala juga dibersihkan dan dirapikan. Jendela dan pintu kaca juga dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang mereka bawa sendiri.  Termasuk pagar dan kain pembatas jemaah laki-laki dan wanita juga dirapikan.

Suasana canda dan tawa mewarnai aktifitas mereka, itulah dunia anak-anak dengan dunia bermainnya. Namun sambil di pantau dan diarahkan oleh ustadz, anak-anak bisa belajar bertanggungjawab, bekerjasama dan berkoordinasi sehingga mereka bisa tetap menyelesaikan kerja baktinya. Bahkan diluar dugaan mereka juga mampu melakukan hal baik diluar perintah gurunya. Seperti menata sandal teman-temanya di halaman mushala. 
 
Santri TPQ Nurul Iman kelas Quran saat kerja bakti menata buku dan mukena di mushala an Nuur, Selasa (10/3/2020). (Foto: Imam ES)
Kemudian di hari kedua, Rabu (11/3/2020) anak-anak kelas Iqro membersihkan dan merapikan ruang kelas. Ruang tersebut adalah merupakan ruang belajar bagi siswa-siswi MIM Penaruban. Bersama ustadzah Rahmah dan Ela, anak-anak merapikan ruang kelas.  Mulai dari kursi, lantai, alat peraga hingga buku-buku diperpustakaan pojok kelas.

Dan di hari ketiga, Kamis (12/3/2020) anak-anak kelas TK, belajar bekerja bakti dengan membuang sampah dengan dipandu oleh ustadzah Suci. Membuang sampah di tempat sampah, perlu dibiasakan sejak dini agar menjadi kebiasaan baik sekaligus menjaga agar lantai dan halaman mushala al Haq selalu bersih.
 
Santri TPQ Nurul Iman kelas Iqro saat sedang merapikan poster di ruang kelas MIM Penaruban, Rabu (11/3/2020). (Foto: Nurlela)
Dari kegiatan kerja bakti menyambut Ramadhan 1441 H, berharap anak-anak TPQ Nurul Iman dapat belajar bersosialisasi, bekerjasama dengan gembira sekaligus membudayakan hidup bersih dan bergotong royong. (ies)

#Ramadhan 1441 H
#TPQ Nurul Iman Penaruban
#Desa Penaruban
#Kerja Bakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...