Jumat, 13 Maret 2020

Santri TPQ Nurul Iman Penaruban Membuat Keterampilan, Ini Hasilnya



Hasil karya santriwan-santriwati kelas Iqro TPQ Nurul Iman Penaruban dalam membuat keterampilan.(Foto: Imam ES)
Beberapa waktu lalu Taman Pendidikan al Quran Nurul Iman (TPQ NI) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar kegiatan membuat keterampilan dari bahan yang mudah diperoleh di rumah. Dengan tujuan melatih dan mengasah kreatifitas santri dalam berkarya.

Menurut kami selaku Kepala TPQ NI Penaruban, anak-anak kelas Iqro dan kelas Quran dalam membuat keterampilan terlihat suka dan senang. Sesuai dengan konsep TPQ yakni taman, maka proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) harus mendidik, menyenangkan, nyaman  dan menghibur.


Kesenangan itu tampak saat anak-anak sedang membuat keterampilan perbincangan dan saling bertukar ide, saran dan gagasan mewarnai aktifitas mereka dalam berkarya. Mereka juga saling bersendau gurau dan saling meminjam peralatan.

Dengan kegiatan tersebut, kami berusaha mendorong anak-anak untuk membuat keterampilan dengan bahan yang mudah dijangkau dan tidak berbahaya.

Pemanfaatan bahan dari barang bekas, seperti kertas, plastik, bambu, kayu dan teriplek kami utamakan. Anak-anak juga boleh memanfaatkan barang bekas dirumah, seperti toples, tempat pensil, vas bunga dan lainnya.
 
Hasil karya santriwan-santriwati kelas Quran TPQ Nurul Iman Penaruban dalam membuat keterampilan.(Foto: Imam ES)
Bagaimana dengan hasil karyanya, ternyata sangat beragam. Mulai dari kapal, pesawat, bros, tank, bunga, gantungan kunci dan kipas (kincir angin) berbahan kertas atau kardus.

Kemudian yang berbahan plastik, ada gasing dari plastik bekas air mineral, wayang dari tangkai daun ubi kayu (singkong) hingga rumah dari setik es krim yang semuanya hampir bernuansa alat permainan.

Dari sekian banyak keterampilan yang dibuat, setidaknya ada tiga yang unik dan reatif, yakni wayang dari tangkai daun singkong dan labirin TPQ Nurul Iman. Dan keterampilan yang cukup besar sebagai alat permainan dari bambu, yakni egrang.

Demikianlah sekilas kegiatan santriwan-santriwati TPQ Nurul Iman Penaruban dalam membuat keterampilan sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anak-anak untuk mengasah ide dan mewujudkannya dalam membuat keterampilan. (ies)


#TPQ Nurul Iman Penaruban
#TPQ
#Keterampilan
#Penaruban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...