Sabtu, 21 Maret 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, PAI Non PNS Gelar Pengajian Online


Print screen materi pengajian yang ada di http://ediripin.blogspot.com/

Menindaklanjuti himbauan pemerintah agar masyarakat bekerja, belajar dan beribadah di rumah selama dua pekan, terkait upaya pencegahan penyebaran virus covid-19. Penyuluh Agama Islam Non PNS, di lingkungan Kementerian Agama RI Kabupaten Purbalingga khususnya di wilayah KUA Kecamatan Kaligondang melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan (Bimluh) melalui media Pengajian Online.

Pengajian Online terhitung sejak 16 Maret 2020 melalui media whatsapp kami rasa cukup efektif, baik yang bersifat konsultasi keagaman personal maupun jemaah yang tergabung dalam satu grup. Dan Pengajian Online ini, bisa berlangsung setiap waktu. Namun umumnya pengajian berlangsung sesuai jadwal dan waktu yang telah ada sebelumnya.

Untuk memudahkan jemaah dalam memahami topik atau materi pengajian, maka kami buat seringkas dan semudah mungkin untuk bisa dipahami. Penggunaan bahasa atau istilah yang belum lazim kita hindari, termasuk hal-hal yang terkait khilafiyah atau perbedaan fiqih. Hal ini bertujuan agar materi pengajian online efektif.
Contoh materi pengajian online yang sudah dicetak. (Foto: Imam ES)
Dokumen lain jika perlu dan dibutuhkan oleh jemaah, kita sediakan. Seperti materi dalam fail dokumen, foto dan link atau sumber materi yang ada dalam pembahasan. Blog pribadi yang kami miliki terkait materi keagamaan juga kami bagikan. Audio atau suara juga kami sampaikan, seperti dalam pelajaran Iqro anak-anak maupun Iqro Dewasa, termasuk audio MP3 murotal.

Dalam pelaksanaanya, Pengajian Online tetap memiliki kendala terutama bagi jemaah lanjut usia. Untuk itu, jemaah yang sudah lanjut usia kami sarankan melalui Whatsapp anggota keluarganya untuk memperbanyak dzikir, bersedekah, shalat sunah, puasa dan lain-lain.

Tidak hanya materi pengajian dan bimluh yang sudah terrencana yang kami sampaikan, sosialisasi pola hidup sehat, informasi tentang wabah virus covid-19 dan informasi hoaks juga kami sampaikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar dan tidak meresahkan masyarakat.
Contoh quotes untuk jemaah Majelis Taklim atau publik
Belajar dari pengalaman, dukomen atau fail materi pengajian memang penting untuk diarsipkan. Materi bisa diarsipkan sesuai tema dan topik yang akan atau sudah dilaksanakan, agar mudah dalam pencarian jika dibutuhkan. Atau bisa dengan memfoto materi yang sudah diarsipkan/dibukukan.

Sebagai penyuluh, kreatifitas dan inovasi dalam metode bimluh sangat dibutuhkan. Mengingat jemaah yang cukup komplek latarbelakanya, mulai dari umur, lingkungan dan pendidikan. Salah satunya adalah dengan membuat quotes atau informasi melalui info gambar.
 
Contoh quotes untuk jemaah Majelis Taklim atau publik
Demikian, sekilas pelaksanaan Pengajian Online yang kami laksanakan. Besar harapan kami, semoga kegiatan tersebut tetap bisa membawa manfaat yang positif. Dan kita berdoa memohon kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa, semoga wabah virus covid-19 segera berlalu. Aamiin. (ies)

#Pengajian Online
#PAI Non PNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...