Rabu, 04 Maret 2020

Sepak Bola, Permainan Paling Disukai Santri TPQ Nurul Iman Sebelum Mengaji


Santri TPQ Nurul Iman Penaruban saat bermain sepak bola sebelum jam belajar/mengaji di halaman MIM Pena. (Foto: Imam ES)
Bermain sepak bola sebelum jam masuk untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) atau mengaji merupakan salah satu permainan paling disukai oleh sebagian santri
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nurul Iman Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Kurang lebih dua puluh menit hingga setengah jam mereka bermain di halaman Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Penaruban setiap harinya. Meski hanya dengan bola plastik dan sandal mereka sebagai batas gawang, anak-anak tampak menikmati permainannya meskipun dengan telanjang kaki.

Bagi anak-anak kelas Iqro yang masih duduk di kelas 3,4 dan 5 Madrasah/SD ini, bermain sepak bola juga sebagai ajang berolahraga. Tidak jarang kami mengingatkan kepada anak-anak usai bermain untuk membersihkan keringatnya.

Baca Juga : 
 
Sementara sebagian santriwati ada yang bermain galah asin atau gobak sodor, engklek atau sundamanda, ular naga atau hanya bersenda gurau dan asik ngobrol dengan teman-temannya sambila makan jajan.
Santri TPQ Nurul Iman Penaruban sedang bermain gobak sodor di halaman MIM Pena. (Foto: Imam ES)
Sepuluh atau lima menit sebelum masuk, anak-anak kembali diingatkan oleh ustadz untuk berhenti bermain. Kemudian diingatkan untuk mengumpulkan infaq harian, membersihkan ruang kelas atau menyiapkan meja kecil di mushala dan membuang sampah pada tempatnya.

Namun jika musim hujan seperti saat ini, anak-anak tidak bermain diluar. Waktu menunggu untuk belajar kita manfaatkan untuk belajar dan bermain di dalam kelas dengan menghafal, menggambar, menyanyi atau mengobrol santai antara ustadz dengan anak-anak agar terjalin keakraban. (ies)
Santri TPQ Nurul Iman Penaruban tampak sedang membersihkan mushala sebelum jam belajar/mengaji. (Foto: Imam ES)
#sepak bola
#santri
#mengaji
#tpq nurul iman

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...