Senin, 29 Maret 2021

Dalam Khutbah Jumat, PAI Ajak Jemaah Belajar Membaca al Qur'an

Pengajian rutin IQRO' bagi orang tua dan manula di mushala an Nuur asuhan Imam Edi Siswanto, setiap malam Kamis (Foto: Dok Imam ES 2020)
Khutbah Jum'at merupakan moment terbaik untuk mengajak umat muslim meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Salah satunya dengan mengajaknya untuk bisa membaca al Qur'an, khususnya bagi remaja, pemuda , orang tua dan manula.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam (PAI) Kaligondang, Imam Edi Siswanto pada Khutbah Jum'at dengan tema Bulan Sya'ban Jadi Momentum Persiapan diri di Bulan Suci Ramadhan di masjid Baitul Mutaqin Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Jumat (26/3/2021) lalu.

Dalam Khutbah Jum'at, ia menekankan bahwa penting bagi umat muslim untuk bisa membaca al Qur'an dengan baik dan benar. Diturunkanya al Qur'an pada bulan suci Ramadhan, harus menjadi ruang untuk bermuhasabah atau berbenah diri khususnya dalam usaha meningkatkan kemampuan membaca al Quran.

BACA JUGA

https://ediripin.blogspot.com/2021/03/syaban-momentum-persiapan-diri-di-bulan.html?m=0

https://ediripin.blogspot.com/2020/01/tips-belajar-iqro-bersama-orang-tua.html?m=1

Menurutnya, bagi yang belum bisa membaca al Qur'an, mulai saat ini dengan niat ikhlas mencari ridho Allah dan dengan rasa suka cita diusahakan untuk mulai belajar. Bagi yang sudah bisa membaca, tingkatkan dengan kemampuan tahsin dan ilmu tajwidnya.

Dengan demikian, selain kita melakukan kegiatan ibadah wajib dan sunah di bulan Ramadhan kita memiliki target tertentu. Seperti bisa belajar membaca al Qur'an, khatam al Quran, menulis artikel, hafalan ayat dan lain lain. Dari target-target tersebut, diharapkan dalam setiap tahun ada penambahan ilmu dan pengalaman dalam beribadah.

Jangan sampai bulan Ramadhan yang kita jumpai setiap tahun berlalu begitu saja tanpa berbekas perubahan diri yang lebih baik. Harus kita sadari bahwa bulan Ramadhan, bulan yang istimewa dan mulia itu memiliki banyak hikmah dari rahmat, berkah dan ampunan. Namun sebagian besar dari kita masih belum memaksimalkan momentum ramadhan.

Disatu sisi kita sadari bahwa masih banyak saudara-saudara kita kaum muslimin yang belum bisa membaca al Qur'an. Namun kesadaran itu mengendap dan bisa jadi sirna karena tidak segera diwujudkan dalam usahanya untuk belaja menempa diri membaca al Qur'an.

Mari kita agendakan sebuah niat dan majelis khusus belajar membaca huruf Hijaiyah. Jika perlu sediakan waktu selama sebulan di masjid dan mushala bagi para orang tua maupun manula.

Sementara itu ditempat yang sama, pada pengajian Jum at Manis bagi ibu-ibu 'Aisyiyah usai Jumat pukul 14.00-15.00 WIB juga disampaikan tentang Marhaban Ramadhan dan Fadilahnya.

Waktu satu jam sepertinya tidak terasa bersama ibu-ibu dalam pengajian rutinan tersebut. Ajakan untuk bisa membaca al Qur'an dan membangun niat atau semangat diusia senja juga terus dibangun.

"insyaallah tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar, termasuk belajar membaca Al Qur'an. Dan niat yang sungguh-sungguh itu menentukan hasil," ucapnya.

Demikian dua aktifitas kami yang bisa kami bagikan untuk pembaca setia kami. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya dan kita semua bisa berjumpa dan meraih ramadhan dengan baik, khusu dan bisa meraih taqwa, aamiin. (IES)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...