Senin, 15 Maret 2021

Modal Kecil, Manfaatkan Sudut Rumah Jadi Taman Bunga

Taman Minimalis disalah satu sudut teras belakang rumah. (Foto: Imam ES)

Sisi keindahan adalah fitrahnya manusia. Siapapun suka akan suasana yang indah, asri, sejuk dan nyaman. Dengan modal kecil, kita bisa memanfaatkan sisi ruang atau sudut rumah  kita menjadi taman bunga yang indah.

Sudut ruang rumah kita, biasanya berada di teras depan atau belakang. Namun bisa jadi sudut ruang itu berada di ruang tamu, bagian samping atau dilantai dua, tiga rumah kita. Yang jelas kita bisa memanfaatkan sudut rumah yang kurang atau tidak maksimal pemanfaatannya.

Berdasarkan beberapa pengalaman pribadi dan pengamatan pada rumah-rumah teman, kami mencoba menghadirkan beberapa tips yang mungkin bisa dicoba di rumah para pembaca setia kami.

Baca Juga : https://ediripin.blogspot.com/2021/03/kreatif-teras-rumah-jadi-kolam-ikan.html

Kita mulai dari teras atau halaman rumah bagian kiri. Bagi kami yang tidak memiliki halaman atau pekarangan depan rumah yang luas, cukuplah bagi kami memanfaatkan beberapa meter persegi untuk menjadi taman minimalis.

Kita bisa menaruh beberapa pot dengan berbagai aneka bunga kesukaan kita. Dari pot ukuran sedang hingga pot ukuran besar. Karena ruang yang sempit maka kami sarankan lebih banyak menaruh pot bunga dengan ukuran yang kecil dan sedang. Untuk ukuran besar cukup 1 atau 2 saja. (Seperti tampak dalam gambar).

Taman Minimalis disalah satu sudut teras depan rumah. (Foto: Imam ES)
Berikutnya, sisi depan bagian kanan. Bagi rumah yang memiliki ruang untuk tempat parkir kendaraan roda dua atau roda empat sebaiknya bisa ditempatkan pot bunga ukuran kecil yang tersusun rapi di atas rak besi, bambu, kayu atau menggantung/menempel di dinding agar tidak mengganggu aktifitas keluar masuk kendaraan. (Seperti dalam gambar)

Selanjutnya, masih disisi bagian depan rumah, seperti kios atau gudang yang mungkin tidak/belum dimanfaatkan. Karena tepat dipinggir jalan atau gang, maka disudut ruang ini bisa ditempatkan pot bunga dengan ukuran cukup besar dengan pohon atau bunga yang berbatang besar juga. Seperti pohon sawo, jeruk, jambu dan lain lain. Dan aneka pohon atau tanaman yang cukup besar bisa berfungsi sebagai penahan debu. (Lihat gambar atas).

Taman Minimalis disalah satu sudut teras depan rumah. (Foto: Imam ES)
Terahir kita manfaatkan sudut rumah bagian belakang atau teras belakang. Karena posisnya di dalam bagian rumah, aneka pot, bunga dan tanaman lainya bisa kita tempatkan sesuai selera. Mulai dari bunga berbatang kecil hingga tanaman bunga yang merambat.

Pot juga bisa ditempatkan langsung di atas tanah, di atas bebatuan atau pondasi kolam ikan atau bisa juga menempel di tembok rumah.

Kelebihan dari pot bunga yang berukuran kecil dan sedang membuat kita bisa merubah posisi sesuai keinginan. Misal, setelah pulang kerja kita bisa mengisi waktu santai kita dengan melihat-lihat bunga di rumah dan bisa jadi sambil merubah posisi atau tempat bunga.

Selain memiliki taman bunga yang murah meriah, manfaat lainya adalah suasana rumah kita menjadi cukup asri, hijau dan udara menjadi lebih segar dan menyehatkan. (IES)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...