Senin, 15 Maret 2021

Kreatif, Teras Rumah Jadi Kolam Ikan

Kolam ikan hias di depan rumah (Foto: Imam ES)

Teras kecil di halaman rumah milik seorang warga Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah direnovasi menjadi kolam ikan hias yang cukup menarik. Adanya kolam mini, menambah suasana depan rumahnya menjadi lebih indah dan menambah betah.

Kolam ikan hias berukuran tinggi 60 CM, lebar 90 CM , panjang 2,25 Meter dan dalam air 45 CM ini, dibuat dimasa Pandemi Cobid-19. Masa untuk banyak tinggal di rumah dimanfaatkanya untuk membuat kolam ikan tersebut.

Kolam ikan hias yang masih menyatu dengan rumah, berada tepat di depan rumah sebelah kiri. Posisi yang sebelumnya dimanfaatkan untuk menaruh aneka tanaman dan beberapa perabotan seperti tempat sepatu dan sandal, kini berubah menjadi kolam ikan hias yang minimalis.

Baca Juga : https://ediripin.blogspot.com/2021/03/modal-kecil-manfaakan-sudut-rumah-jadi.html

Uniknya, kolam ikan tersebut juga di beri kaca bening tembus pandang layaknya aquarium di tempat wisata ikan. Sehingga ikan koi dan ikan emas yang berenang dengan ceria di iringi suara lembut air terjun, akan terlihat dari luar dan tentunya akan selalu menyapa tamu atau pejalan kaki yang lewat. 

Aneka ikan hias yang tampak dari luar kaca selalu menarik perhatian anak-anak yang lewat, sehingga menjadi salah satu hiburan gratis. 

Sebuah kolam ikan hias dari renovasi teras rumah (Foto: Imam ES)

Kolam ikan hias tampak selalu jernih, karena ada empat kolam kecil disampinga. Salah satunya berisi chamber di dalamnya yang berfungsi untuk memfilter atau menyaring air.

Menurut pemiliknya, kolam dengan dinding kaca di buat dengan merenovasi tembok yang sebelumnya berfungsi sebagai tralis teras. Kemudian diganti dengan kaca bening yang cukup tebal menyesuaikan kekuatan tekanan air kolam ikanya.

Adapaun biaya untuk merenovasi cukup terjangkau, yakni untuk ongkos tukang, beli peralatan pompa air, serta pernak-pernik kolam lainya.(IES)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...