Sabtu, 16 Mei 2020

Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; Bukti Keberhasilan Dakwah dengan Nasihat dan Keteladanan


Dimas Prasetyo, Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Kultum Ramadhan Ustadz TPQ;
Bukti Keberhasilan Dakwah dengan Nasihat dan Keteladanan
Oleh Dimas Prasetyo
Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Remaja muslim yang dirahmati Allah SWT.
Alhamdulillah kami panjatkan puja dan puji puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala kenikmatan kepada kita semua. Sehingga dalam kesempatan ini, kita masih dapat berjumpa lagi di bulan suci ramadhan 1441 H/2020 M.

Dan tidak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada suri tauladan kita baginda Nabi Agung Muhammad SAW.

Kali ini, izinkan saya menyampaikan kultum yang berjudul ‘Dakwah dengan Nasihat dan Keteladanan’. Ini adalah kultum pertama kami di dunia maya, untuk itu saya mohon maaf jika masih banyak tutur kata atau tulisan yang kurang tepat.

Baca Juga: 
Dimas Prasetyo,saat sedang mengajar Iqro di TPQ Nurul Iman Penaruban pada 14 Januari 2020 lalu (Foto: Imam ES)
Dan materi ini, saya susun bersama kakak di rumah dan teman-teman ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban. Semoga yang singkat ini bisa bermanfaat bagi saya dan teman-teman.

Remaja muslim yang dirahmati Allah SWT.
Salah satu ciri dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada periode Islam awal di Makah adalah dengan cara menasihati.

Dan nasehat itu dilakukan oleh Nabi secara terus menerus, dengan menyampaikan hikmah cerita umat terdahulu dan lain sebagainya. Kemudian tentang ke Esaan Allah atau bab kemurnian ketauhidan agar tidak mensyekutukan Allah (Musyrik) dan tentang rukun Islam.

Hal itu dijelaskan dalam sebuah hadist.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺭُﻗَﻴَّﺔَ ﺗَﻤِﻴْﻢ ﺍﻟﺪَّﺍﺭِﻱ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﺍﻟﺪِّﻳْﻦُ ﺍﻟﻨَّﺼِﻴْﺤَﺔُ . ﻗُﻠْﻨَﺎ ﻟِﻤَﻦْ ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﻟِﻠَّﻪِ ﻭَﻟِﻜِﺘَﺎﺑِﻪِ ﻭَﻟِﺮَﺳُﻮْﻟِﻪِ ﻭَﻷَﺋِﻤَّﺔِ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭَﻋَﺎﻣَّﺘِﻬِﻢْ . ‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ

Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Agama adalah nasehat, kami berkata: Kepada siapa? Beliau bersabda: Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya. (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Remaja muslim yang dirahmati Allah SWT.
Melalui nasihatnya, masayarakat yang disentuhnya mulai mengakui Allah sebagai Tuhan mereka. Islam sebagai agama mereka dan Nabi Muhammad sebagai utusanNya.

Walaupun jumlahnya masih terbilang kecil, baginda Rasulullah sudah berhasil masuk melalui memahamkan Islam dari hati ke hati, sehingga umat Islawa awal periode Makkah sedikit namun sangat berkualitas.

Baca Juga: 
Dimas Prasetyo bersama Nurlela saat mengajar Iqro di TPQ Nurul Iman Penaruban, 12 Februari 2020 lalu (Foto: Imam ES)
Inilah bukti keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW memberi nasihat dengan cara yang baik namun tegas. Dan kita tidak meragukan kualitas keimanan dan keikhlasan perjuangan para sahabat nabi.

Melalui nasihat, Rasul mengajarkan umatnya agar selalu sabar dalam menjalankan hukum Allah.  Menerima atas keputusan dan ujian dariNya, ikhlas serta selalu memohon keselamatan hanya kepada Allah.

Kemudian Rasululloh mengajarkan pula bahwa dalam menasihati atau berdakwah perlu kesabaran yang tinggi. Selain kesabaran, ketekunan dan kelembutan akhlaq yang baik adalah sumber ajaran Islam yang beliau sampaikan sebagai agama nasihat.

Wallahu A’lam Bisshowab (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya).

Remaja muslim yang dirahmati Allah SWT. Demikian kultum singkat kali ini, sekali lagi saya mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

Dan mohon doa restu dan dukunganya para pembaca di mana saja berada, semoga kami dan teman-teman ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban selalu dapat istiqomah dalam berdakwah, aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

*)Penyusun adalah Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...