Rabu, 13 Mei 2020

Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; Yuk! Raih Ramadhan dengan Membaca Al Quran


Suci Tia Ramadhani Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Kultum Ramadhan Ustadz TPQ;
Yuk! Raih Ramadhan dengan Membaca Al Quran
Oleh Suci Tia Ramadhani
Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Assalamu’alaikum Warokhmatullohi Wabarokatuh.
Alhamdulillahhirobil ‘alamin wasolatu wa salamu ‘alaa asrofil anbiyai walmursalin wa’ala alihii wahsohbihi ajmain ama ba'du.

Teman-teman yang dimuliakan Allah SWT,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat hidayah serta inayahNYA kepada kita sehingga kita bisa bertemu dibulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah ini. Dan solawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW.

Suci Tia Ramadhani saat mengisi kultum Ramadhan 1439 H di mushala al Haq 1 Juni 2018 lalu (Foto: Dok. Imam ES)
Dan bersyukur kepada Allah SWT, karena Allah masih memberikan kesempatan kepada kita semuanya untuk senantiasa memakmurkan bulan Ramadhan dengan berbagai macam bentuk ibadah.

Diantara ibadah tersebut adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dan Allah SWT menurunkan Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk bagi manusia, sebagaimana dalam firman-Nya.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ   
(١٨٥:البقرة)
Artinya “bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).” (Al-Baqarah : 185)

Oh ya teman-teman, tanpa bermaksud menggurui, setahu saya bahwa petunjuk tersebut akan bisa kita dapatkan yaitu dengan memperbanyak membaca, memahami, mempelajari dan kemudian mengamalkan Al-Qur’an.

Sebagai mana hadis Rasululloh SAW

  خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ


Artinya. “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (Al-Bukhari 5027)

Untuk itu, di bulan ramadhan ini Rasullulah SAW telah memberikan contoh kepada kita semuanya untuk memperhatikan dan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dan kita semua tahu juga bahwa al Quran di turunkan pada bulan Ramadhan (nuzulul Quran).

 
Suci Tia Ramadhani saat mengisi kultum Ramadhan 1440 H di mushala al Haq pada 20 Mei 2019 lalu (Foto: Dok.TPQ Nurul Iman)
Teman-teman yang dimuliakan Allah SWT.
Kita bisa melihat dibanyak hadis nabi SAW yang menganjurkan kepada kita semuanya untuk senantiasa membaca dan berpegang teguh kepada Al-Qur’an.

Dan kita juga semua tahu bahwa Al-Qur’an adalah mukjizat yang besar. Dan pada hari kiamat nanti akan memberikan syafaat, akan mendoakan kepada orang-orang yang mencintai, orang-orang membacanya, mempelajari dan yang mengamalkan akan dimintai ampunan kepada Allah SWT.

Dan marilah teman-teman semua, kita sebagai umat Islam harus membiasakan diri untuk belajar, membaca, mencintai dan mengamalkan isi al Quran sebaik mungkin.

Insyaallah atas izinNYA, semoga kita semua selalu mendapatkan kemudahan dan petunjuk dalam mengamalkan al Quran. Aamiin

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Dan di bulan suci Ramadhan ini saya juga mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan dihati.

Billahitoufik walihdayah.
Wassalamualaaikum Warakhmatullohi Wabarokatuh.

*)Penyusun adalah Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...