Selasa, 12 Mei 2020

Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; Kenapa Kita Wajib Tolong Menolong Dalam Kebaikan?

Nurlela, Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)

Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; 
Kenapa Kita Wajib Tolong Menolong Dalam Kebaikan?
Oleh Nurlela
Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ:

Segala puji baginya rabb semesta alam, yang telah mengkaruniakan berbagai kenikmatan yang tak terhingga. Shalawat dan Salam bagi penghulu para rasul, kekasih dan penyejuk hati kita, Nabi Agung Muhammad SAW.

Temen-temen muslimin wal muslimat rahimakumullah.
Allah SWT telah mewajibkan umatnya untuk saling tolong-menolong antar umat muslim. Namun Islam juga memberikan batasan terhadap apa yang menjadi ajarannya tersebut.

Untuk itu, kita semua para remaja harus berusaha memahami betul bagaimana ajaran tolong menolong yang dianjurkan dalam Islam. Sebagaimana yang diajarkan oleh orang tua dan guru-guru kita untuk selalu membantu atau tolong menolong dalam kebaikan.
Temen-temen muslimin wal muslimat rahimakumullah. Dan inilah kultum yang saya susun dari berbagai sumber, yang dibantu juga oleh orang tua.

Oh ya, masih ingat pelajaran kita di sekolah tentang tolong menolong? Insyaallah masih ingat kan, karena perintah tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa ada pada surat yang pastinya sudah kita hafal, yakni surat al ‘Ashr ayat 1-3.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالْعَصْرِۙ - ١
اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ - ٢
اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ - ٣

Artinya " Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati. supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menepati kebenaran." (Q.S Al-'ashr : 1-3)

Kemudian juga firman Allah dalam surat al Maidah ayat 2.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ ۘ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (al-Maidah : 2)

Dengan demikian, Temen-temen muslimin wal muslimat rahimakumullah menurutku anjuran saling tolong menolong secara umum adalah sebagai berikut.
Nurlela saat mengisi Kultum Ramadhan 1439 H di mushala al Haq pada 10 Juni 2018 Lalu (Foto: Dok Imam ES)
1. Kewajiban tolong menolong dalam kebaikan bagi masyarakat muslim.
Yakni aktifitas tolong menolong yang dilandasi kebaikan dan taqwa tidak hanya bagi individu atau kelompok yang bersangkutan saja, tetapi juga bagi semua umat Islam.

2. Tolong menolong adalah kewajiaban setiap orang beriman.

وَٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ ٱللَّهُ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ


Artinya, “Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana..” (at Taubah : 71)

3. Tolong menolong dalam kebaikan adalah shadaqah.
Anjuran untuk saling tolong menolong dalam hal kebaikan telah jelas difirmankan oleh Allah SWT bahwa meringankan beban seorang muslim berarti berbuat kebaikan kepadanya, dan balasan kebaikan adalah kebaikan.
هَلْ جَزَاۤءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا الْاِحْسَانُۚ - ٦٠

Artinya “Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula).” (QS ar-Rahmaan: 60).

Dan perintah sedekah ini terdapat pada firman Allah dalam surat An Nisa ayat 114.

لَا خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ اِلَّا مَنْ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلَاحٍۢ بَيْنَ النَّاسِۗ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا - ١١٤

Artinya “Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.”

Temen-temen muslimin wal muslimat rahimakumullah.
Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Dan saya mengajak teman-teman ayo kita bersama-sama untuk selalu berusaha membiasakan diri untuk membantu dan saling menolong atau bergotong royong antar sesama.
Nurlela saat mengisi Kultum Ramadhan 1440 H di mushala al Haq pada 22 Mei 2019 Lalu (Foto: Dok TPQ Nurul Iman)
Terlebih disaat adanya wabah virus Covid-19, tentu banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu pemerintah dan saudara-saudara kita. Seperti menjaga kebersihan, tetap tinggal di rumah, bersedekah kepada fakir miskin dan lain-lain.

Juga menjelang kita akan memasuki ke sekolah yang baru di tingkat SMU/SMK, tentu sifat tolong menolong harus terus dibiasakan seiring kedewasaan kita dalam pergaulan.

Wallahu alam dan terimakasih serta mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan.

اخرل کلم ٖ والسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ

*)Penyusun adalah Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...