Minggu, 10 Mei 2020

Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; Ini Tiga Manfaat Sedekah


Rahma Dwi Lestari, Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Kultum Ramadhan Ustadz TPQ; Ini Tiga Manfaat Sedekah
Oleh Rahma Dwi Lestari
Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Assalamualaikum Warahmatulloohi Wabarokaatuh.
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,  Amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan HidayahNYA, sehingga kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat. amin amin ya rabal alamin.

shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu syafaatnya di yaumul akhir nanti. aamiin.

Pada kultum Ramadhan sebelumnya, biasanya kami sampaikan secara bergilir di mushala al Haq. Namun dalam kesempatan bulan Ramadhan 1441 H di masa pandemi Covid-19, kultum saya sampaikan melalui dunia maya.

Dan kali ini saya akan menyampaikan sedikit materi tentang ‘tiga manfaat sedekah’.


Kaum muslimin dan muslimat yang di rahmati Allah.
Menurut kami materi tentang sedekah sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, akan tetapi pada praktiknya masih banyak orang yang enggan melakukan amal yang amat baik ini.

Padahal setahu kami, sedekah itu banyak sekali manfaatnya, maka dari itu kita sebagai umat islam di perintahkan untuk melakukan sedekah.

Karena dengan sedekah ini akan mendatangkan kebahagiaan dalam hati ketika di dunia maupun di akhirat kelak.

Kaum muslimin dan muslimat yang di rahmati Allah.
Sebenarnya banyak sekali manfaat dari sedekah. Namun kami mengambil tiga manfaat dan barokah dari bersedekah diantaranya adalah.

Baca Juga :  

1.    Sedekah menjadi penyebab bertambahnya rezeki.
Rasulullah SAW bersabda. “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian”. (Al-Wasail 6: 255, hadits ke 11)

Jadi, bersedekah itu tidaklah membuat kita semakin miskin, karena rezeki itu sudah diatur oleh yang maha kuasa. Akan tetapi sedekah itu dapat menyebabkan bertambahnya rezeki, bukan menguranginya.

2.  Sedekah dapat mengangkat derajat seseorang
“ Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah SWT akan menambah kemulyaan kepada hambanya yang pemaaf dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah SWT, Allah SWT akan mengangkat  derajatnya.“ (H.R Muslim)

Orang yang selau bersedekah niscaya derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Orang itu akan selalu mendapatkan keberkahan akan rezekinya dan akan selalu merasakan cukup.

Berbeda dengan orang yang kikir, meskipun ia banyak hartanya tetapi hidupnya tidak akan tenang dan selalu banyak pikiran yang melanda. Itu adalah sebagian bentuk ketidak berkahan harta yang diberikan Allah SWT.

3.  Malaikat akan medo’akan orang yang bersedekah dan melaknat orang yang bakhil.
Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW bersabda “ Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi,dua malaikat akan turun kepadanya,lalu salah satu berkata : Ya Allah berilah harta kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satu berkata : Ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil. ( Muttafak Alaih ).

Kaum muslimin dan muslimat yang di rahmati Allah.
Itulah beberapa manfaat dari bersedekah, sebetulnya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang belum saya sebutkan.

Setelah menyimak ceramah tentang sedekah ini semoga kita semua dapat melaksanakan sedekah dengan semaksimal mungkin agar kita terhindar dari api neraka.

Ada pepatah mengatakan ‘jangan menunggu kaya lalu sedekah, tetapi sedekahlah agar kamu kaya’.

Bahkan dalam Al-Qur’an pun di sebutkan bahwa Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang berbuat baik.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al An’am: 160).

Wallahu A’lam Bisshowab (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya).

Kaum muslimin dan muslimat yang di rahmati Allah.
Demikian materi singkat dari saya, apabila ada kata-kata yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan semoga kita selalu dalam lindungannya, amin amin ya rabbal aalmin

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarakatuh.

*)Penyusun adalah Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban, Kaligondang, Purbalingga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...