Jumat, 24 April 2020

Kiriman Pembaca; Yuk! Berpuasa Ramadhan dan Tinggalkan 10 Dosa Ini


Nurlela Pelajar Kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Yuk! Berpuasa Ramadhan dan Tinggalkan 10 Dosa Ini

Kaum muslimin dan muslimah, mari kita sambut puasa Ramadhan 1441 H dengan mensucikan diri, hati dan banyak berdoa kepada Allah SWT.

Nah, sekarang waktunya tinggal satu hari lagi, menjelang puasa ramadhan 1441 H.

Mari kita berdoa kepada Allah SWT dengan meminta kemudahan, kelancaran, selalu sehat, dan selalu diberi perlindungan oleh AllahSWT .
Besok dan seterusnya selama kita menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan ini, mari kita semua kaum muslimin dan muslimah memperbanyak beribadah, bersedekah dan jangan sampai kita lalai terhadap perintah Allah SWT.

Untuk itu, saya teringat ada beberapa hal yang memakruhkan (menggugurkan) pahala puasa, bahkan bisa membatalkan puasa, antara lain.

Pertama, berpuasa tapi masih melakukan perbuatan kemaksyiatan disiang atau malam hari. Seperti mengumbar hawa nafsu dan perzinahan. Hal ini jelas diharamkan oleh agama, karena puasa adalah menahan hawa nafsu.

Kedua, habis sahur bablas (terus) tidur dan tidak shalat subuh. Ingat meninggalkan solat itu dosa besar.

Ketiga, masih suka berpacaran. Bahkan ada yang siang hari puasa masih berduaan bareng dengan pacarnya. Maka puasa bisa jadi sia-sia lantaran hilangnya pahala puasa ini.

Keempat,lebih mementingkan buka puasa dari pada shalat maghrib.

Kelima, puasa tetapi tidak shalat, padahal meninggalkan shalat itu kekafiran.

Keenam, puasa tapi suka gosip orang. Yaitu suka membicarakan keburukan orang. Ini namanya ghibah dan ghibah itu masuk dosa besar. Nabi Muhammad SAW menyebut ghibah adalah membicarakan kejelekan orang lain saat ia tidak ada.
Ketujuh, puasa tapi tidak patuh pada orang tua.

Kedelapan, waktu dalam berpuasa dihabiskan untuk nge game saja (main-main).

Kesembilan, waktu berpuasa hanya dihabiskan untuk mendengar musik, dalam artian musik yang bisa melalaikan dari mengingat Allah SWT.

Dan kesepuluh, berpuasa namun suka mengganggu orang lain saat shalat tarawih berjemaah.

Sobat yang baik, yuk tinggalkan perbuatan dosa-dosa tersebut. Agar puasa kita bisa maksimal dan mendapat ridho Allah SWT. (*)


*)Penulis adalah pelajar Kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...