Sabtu, 25 April 2020

Kiriman Pembaca; Biar Tidak Bosan di Rumah, Aku Isi Kegiatan yang Positif


Suci Tia Ramadhani pelajar kelas 9 MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga dan Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)

Biar Tidak Bosan di Rumah, Aku Isi Kegiatan yang Positif

Oh ya, teman-teman agar selama belajar di rumah ini tidak terasa bosan. Aku mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Begini ceritanya.

Setiap hari Suci bangun jam 04.00 WIB untuk shalat subuh dan lepas itu mandi. Kemudian
pukul 05.30 an Suci melanjutkan menyapu, mengepel, nyuci piring dan nyuci baju sampai pukul 09.00 WIB.

Tentu saja, belum semua keadaan rumah sudah baik dan rapih. Untuk itu pukul 09.30 an Suci membereskan apa yang belum beres, seperti ruang kamar tidur, ruang tamu dan lain-lain.  


Kegiatan itu, meskipun terlihat sepele namun jika tidak segera terselesaikan biasanya aku sering lupa. Maka kegiatan beres-beres atau bersih-bersih rumah harus setiap hari dibiasakan.

Karena suasana belajar di rumah, jadi terkesan seperti liburan. Selanjutnya saat jam 10.30 an Suci istirahat sambil tiduran dan bermain HP sambil nonton televisi.

Selain beristirahat dengan menonton hiburan di televisi, menonton telivisi juga bermanfaat untuk mendapatkan informasi yang terbaru. Terutama yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pelajaran disekolah.

Karena selama belajar di rumah, ditelevisi juga sudah ada program pelajaran yang ditayangkan oleh TVRI setiap harinya.

Istirahat sambil tiduran membut rasa kantuk mulai terasa. Dan tidur siang atau istirahat juga penting di masa wabah Covid-19.

Karena kita juga perlu istirahat yang cukup agar badan selalu sehat dan daya tahan tubuh kuat, sehingga terhindar dari wabah Covid-19.

Waktu semakin sore dan waktu shalat ashar telah tiba. Setelah mandi sore, Suci tidak lupa untuk melanjutkan membaca al Quran atau tadarusan.

InsyaAllah setelah semua itu Suci kerjakan, selanjutnya makan malam bersama keluarga dilanjutkan duduk santai bersama keluarga.


Oh ya, selain kegiatan beres-beres membantu orang tua, kegiatan masak dan membuat kue juga sering saya lakukan. Dan kegiatan memasak bersama orang tua ini termasuk yang Suci suka kalau di rumah.

Begitu dulu ya teman-teman cerita Suci yang sangat singkat selama liburan sebelum Ramadhan, InsyaAllah cerpen lainya Suci sambung lagi.

Wassalamul’alaikum. (*)

*)Penulis adalah pelajar Kelas 9 MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga dan Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...