Selasa, 28 April 2020

Di Rumah Saja, Usir Kejenuhan Saya Lakukan Beragam Kagiatan


 
Nurlela pelajar kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Kiriman Pembaca: 
Di Rumah Saja, Usir Kejenuhan Saya Lakukan Beragam Kagiatan

Assalamu’alaikum, pembaca yang budiman kali ini saya sedikit mau bercerita tentang aktifitasku selama libur sekolah dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Memang sih, secara umum tidak ada yang berbeda dengan kegiatan waktu liburan sekolah pada umumnya. Bedanya kali ini adalah karena liburan berada ditengah-tengah suasana merebahnya wabah virus Covid-19.

Dan lamanya libur sekolah dengan diganti belajar di rumah, tentu banyak suka dan tidaknya. Seperti bosan menghadapi kegiatan yang itu-itu saja. Maksudnya kegiatanya monoton sehingga timbul kejenuhan.

Baik, saya ceritakan saja bahwa sebelum tanggal 16 April 2020 saya dengan kawan-kawan bersama guru-guru MTs Ushriyyah Purbalinga mempersiapkan ujian. Yaitu untuk ujian yang rencanaya akan dilaksanakan pada 6-5 April 2020.

Tetapi kita tidak mengira akan adanya wabah virus Covid-19. Dan diberita-berita sudah mulai ramai diberitakan adanya wabah virus Covid-19 yang masuk di Indonesia, sehingga sekolah diliburkan panjang sampai berhentinya wabah Virus Covid-19 tersebut.

Dengan demikian, ujian sekolah tetap dilaksanakan namun dengan cara Ujian Online dengan menggunakan handphone (red: smartphone/telepon pintar).

Singkat cerita, Alhamdullilah ujian online sudah berlalu dan berjalan dengan lancar serta tidak ada halangan apapun.

Selanjutnya karena sudah selesai ujian tentu libur panjang, seperti pada tahun-tahun sebelumnya yaitu libur tahun pelajaran baru. Terlebih tahun 2020 ini, adalah tahun kelulusanku dari MTs yang kemudian insyaallah akan melanjutkan ke SMK.

Namun dengan suasana seperti ini, dimana kita semua harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah saja tentu menimbulkan kebosanan dan kejenuhan.

Rasa rindu ingin bertemu kawan-kawan, sahabat, bapak dan ibu guru untuk sementara harus dipendam. Termasuk juga kangen untuk belajar bersama lagi di kelas bersama teman-teman dengan guru-guru di sekolah.

Maka untuk mengusir kejenuhan saya melakukan beberapa kegiatan, mulai dari aktifitas merapikan rumah dan dapur hingga menulis cerita pendek, puisi atau bahan kultum.

Selain itu juga melakukan kegiatan membaca buku dan melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online untuk TPQ.

Merapikan ruang kamar tidur dan menata kembali perabotan kamar juga mengasyikan. Selain menambah suasana baru, juga bisa dilakukan sebagai ajang kreatifitas dan olah raga.

Sementara kegiatan untuk cuci-mencuci seperti baju, sepatu tas sekolah otomatis dikerjakan. Untuk cucian lainya setiap hari dilakukan juga sekaligus untuk berolah raga. Kebetulan saya mencuci bajunya masih manual loh, alias tidak pakai mesin cuci.

Di dapur selain mencuci piring, gelas dan lain-lain. Belajar memasak sambil membantu ibu juga cukup mengasyikan loh. Untuk itu, setiap hari saya jadi ikut memasak di dapur bersama keluarga.

Oh ya teman-teman, selain kegiatan di atas saya juga melakukan rencana harian. Maksudnya kegiatan untuk esok hari saya rencanakan dan disusun. Hal itu dimaksudkan agar kita selalu tidak merasa jenuh dan bosan namun tetap akltif dan punya kegiatan.

Baik, selamat beraktifitas dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Semoga kita meraih rahmat, barokah dan maghfiroh dari Allah SWT. Aamiin.

Dan marilah kita berdoa Kepada Allah SWT. untuk meminta perlindungan agar terhindar dari wabah virus Covid-19. Dan semoga wabah virus Covid-19 ini cepat berahir. Aamiin. (*)

*)Penulis adalah pelajar Kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadzah TPQ Nurul Iman Penaruban

2 komentar:

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...