Senin, 27 April 2020

Kiriman Pembaca; Dua Cara Bangun Lebih Awal di Bulan Ramadhan


Nurlela, Pelajar Kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)

Dua Cara Bangun Lebih Awal di Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum teman-teman, puasa Ramadhan telah tiba. Dan tentunya bangun tidur kita jadi lebih awal. Untuk itu, saya mau sedikit berbagi tips agar bangun tidur kita lebih awal saat sahur.

Langsung saja, mula-mula kita niati dulu sejak semalam (maksudnya sebelum kita tidur). Agar kita bangun untuk makan sahur bisa lebih banyak waktu dan lebih santai sekitar pukul 03.00 WIB.

Bukan malah bangun dekat dengan shalat subuh, apa lagi sampai kesiangan bangun tidurnya. Wah bisa ngga makan sahur dong....he..he..

Kedua, jangan terlalu malam saat makan sahur atau terlalu awal, seprti pukul 12.00 atau pukul 01.00 WIB. Masalah ini sering ditemukan, sehingga tidak shalat subuh dikarenakan makan sahurnya terlalu malam.

Ini bisa menyebabkan meninggalkan shalat subuh. Sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa meninggalkan sholat adalah dosa besar. https://ediripin.blogspot.com/2020/04/kiriman-pembaca-yuk-berpuasa-ramadhan.html
 
Itu saja, dua cara yang menurutku bisa kita coba agar bangun kita lebih awal untuk makan sahur.

Selain itu, kalau sedang berpuasa, kita tidak boleh kebanyakan tidur. Menurutku saat berpuasa itu justru harus banyak melakukan ibadah dan menuntut ilmu tentang agama.

Termasuk saat waktu shalat dzuhur tiba, kita juga tidak boleh meninggalkan dengan sengaja untuk tidur.

Intinya kita tidak diperbolehkan meninggalkan perintah Allah SWT. Selama bulan Ramadhan ataupun hari-hari seperti biasa. (*)

*)Penulis adalah pelajar kelas 9 MTs Ushriyyah Purbalingga, Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...