Sabtu, 25 April 2020

Kiriman Pembaca; Sepenggal Cerita Keseharianku Diujung Pagi Hingga Malam




Via Agustina pelajar Kelas 1 SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban (Grafis: Imam ES)
Cerpen; Sepenggal Cerita Keseharianku Diujung Pagi Hingga Malam

Pembaca yang budiman, tulisan ini bercerita tentang sebagian aktifitas keseharianku. Dengan maksud ingin berbagi cerita saja, semoga saja ada yang bisa diambil manfaatnya.

Langsung saja ya, begini ceritanya, setiap hari saya bangun lebih awal pagi hari. Biasanya saya bangun sekira jam 04.00 WIB.

Kemudian sesudah itu, saya mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat subuh dengan dilanjut dzikir dan membaca Al Quran sekitar 15 menit.
Biar badan segar dan sehat, mandi adalah aktifitas rutin setiap hari. Baju terbaik seragam sekolahpun saya pakai untuk mempersiapkan diri berangkat ke sekolah.

Setelah pulang sekolah pada pukul 16.00 WIB saya menyempatkan untuk mengajar anak-anak santriwan/santriwati di TPQ Nurul Iman Penaruban.

Dan setelah pulang mengajar, saya menyempatkan diri untuk menjadwal pelajaran sekolah saya hingga waktu Isya. Bila terdengar adzan maghrib, saya mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat maghrib juga solat isya saat waktunya.

Dan iniliah waktu yang saya suka saat belajar dirumah. Terlebih dimasa belajar di rumah karena adanya wabah Covid-19, maka untuk menghilangkan kejenuhan selain belajar secara online adalah dengan menulis materi pelajaran sekolah.

Oh ya, selama masa untuk tetap di rumah saja, agar saya tetap merasa nyaman dirumah. Kita harus mengisi waktu luangnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan positif agar kita tidak bosan kalau dirumah saja.

Untuk itu, saya membuat maskan dan kue kesukaan, seperti masak sayur kangkung, nasi goreng, bikin siomay, biji ketapang dan kue bolu kukus. Kemudian juga membantu ibu mengerjakan tugas rumah, membuat keterampilan sendiri dan lain-lain.

Dan dengan adanya wabah Covid-19 itu bukan untuk alasan tidak mengerjakan atau melakukan apa-apa.

Saya lanjutkan ya, selesai melaksanakan sholat, saya mengambil buku pelajaran kembali untuk saya pelajari. Dan saya belajar mulai pukul 20.00 - 21.30 WIB, lalu tidur pukul pada 22.00 WIB.

Tidak berbeda dengan hari lainya, hari Sabtu dan Ahad saya juga tetap bangun lebih awal. Dengan melksankaan shalat subuh dan membantu ibu membersihkan rumah. Baru setelah selesai membantu ibu dan membersihkan rumah, saya mandi.
Saat semuanya sudah selesai, saya istirahat sejenak dan menunggu waktu shalat dhuhur tiba. Setelah solat dhuhur saya mengerjakan tugas atau PR yang dikasih oleh guru mapel dan saya mengerjakannya pada pukul 12.30 - 14.00 WIB.

Waktu shalat ashar tiba saya segera mengambil air wudhu. Pada pukul 16.00 WIB seharusnya saya mengajar santri TPQ. Tapi pada hari Jum'at - Ahad TPQ nya libur, maka saya luangkan waktunya untuk mengerjakan tugas sekolah yang belum selesai.

Dan saat malam hari tiba saya mengerjakan tugas, dan shalat saat terdengar adzan. Dan sesudah itu saya tidur dan kembali melakukan aktivitas sebagai pelajar yaitu berangkat kesekolah dan kembali pada ke esokan harinya.

Inilah kegiatan sehari-hari saya mulai dari pagi, sore hingga malam.

Semoga kita semua menjadi anak yang taat kepada orang tua dan mencapai cita - cita. Teruslah berjuang dan semangattt!


*)Penulis adalah pelajar Kelas 1 SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga dan Asisten Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...