Kamis, 02 April 2020

Pengajian Online: Remaja dan Pemuda Harus Cerdas Dalam Menerima Informasi


 
Mushala al Haq Desa Penaruban. (Foto: Dok. Imam ES)
Remaja dan Pemuda Harus Cerdas Dalam Menerima Informasi
(Mencegah munculnya informasi hoaks di media sosial)

Materi ini, kami sampaikan sebagai bahan pengajian online pada Majelis Taklim (MT) Remaja Nurul Iman Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Ahad (22,29 Maret 2020).

Pengajian rutin yang sudah berlangsung sejak bulan Juli 2017 di mushala al Haq Desa Penaruban ini, biasanya berlangsung pada hari Sabtu mulai pukul 16.00 WIB sampai Maghrib.

Terkait adanya musibah wabah Covid-19 di negeri kita. Sekaligus menindaklanjuti himbauan pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Agama RI, agar belajar, mengaji dan beribadah serta bekerja dirumah. Maka pengajian melalui media Whatsaap menjadi salah satu pilihan.
 
MT Remaja Nurul Iman pada kegiatan pengajian di ruang kelas MIM Penaruban, 6 Juli 2018 lalu (Foto: Dok Imam ES)
Berikut ringkasan isi atau materi pengajian yang kami sampaikan. Sebelum pada materi tentang Remaja/Pemuda Harus Cerdas Dalam Menerima Informasi, sebelumnya kami juga mengingatkan tentang Sabar & Ikhtiar Dalam Menghadapi Musibah

A. Ahad, 22 Maret 2020
Sabar & Ikhtiar Dalam Menghadapi Musibah
Allah berfirman:


Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (Qs al-Anbiya/21:35)

Pesan yang disampaikan adalah, umat Islam harus sabar & tabah menghadapi musibah, termasuk musibah merebaknya virus covid-19. Tetap menjaga iman dan taqwa kepada Allah, Jaga pola hidup sehat, banyak beristighfar, bertadarus, bersedekah. Dan selalu berdoa memohon kepada Allah, agar musibah virus covid-19 segera berlalu.

B. Senin, 29 Maret 2020, Remaja/Pemuda Harus Cerdas Dalam Menerima Informasi

Allah SWT berfirman dalam surat al Hujurat ayat 6:
 
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Sebenarnya materi ini sudah sering disampaikan, namun tidak ada jeleknya mengingat disituasi wabah virus covid-19 banyak informasi hoaks yang berseliweran di dunia maya, terutama di watshaap/grup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks atau hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Maka, intinya menjadi seorang pemuda muslim harus cerdas dan tidak gampang menerima atau membagikan informasi yang belum jelas sumbernya. Caranya yaitu:

1.      Cek dan Croscek atau tabayun kebenaranya, tanyakan kepada orang yang lebih paham atau cek sumber aslinya melalui laman/link resmi.
2.      Jika menerima info hoaks, tak perlu dishare, cukup berhenti di hp anda.
3.      Jangan mudah terprofokasi atau terpengaruh informasi yang belum jelas kebenaran dan keabsahanya.
4.      Mampu mengenali ciri-ciri informasi hoaks/bohong, seperti Hoax Virus. Hoax Kirim Pesan Berantai, Hoax Urban Legend, Hoax dapat Hadiah Gratis, Hoax tentang Kisah Menyedihkan, Hoax dapat  kuota gratis dan lain-lain. (ies)

#Informasi Hoaks
#Pemuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga

    Rapat Kerja (Raker) PD IPARI Purbalingga, Anrawina Owabong, Kamis (22/2/2024)  (FOTO: Imam Edi Siswanto) Berikut Rapat Komisi/Bidang dan...