Rabu, 15 April 2020

Pengajian Online; Di Ahirat Kita Akan Ditanya tentang Lima Perkara, Apa Saja?


Ilustrasi (Desain grafis Imam ES)
Sebelum kami sampaikan kajian singkat tentang lima perkara yang akan ditanya di hari kiamat, marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah terlimpah kepada kita. Sholawat serta salam selalu tercurah kepada tauladan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Kaum muslimin di mana saja berada, dalam situasi atau masa tanggap darurat wabah Covid-19 kami selalu berusaha mengingatkan agar kita tetap waspada dan berikthiar menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari wabah tersebut.

Ada beberapa hal yang penting terkait usha kita turut dalam usaha pencegahan penyebaran virus Covid-19. Mulai dari tetap tinggal di rumah, menjaga jarak, menggunakan masker, hindari kerumunan dan cuci tangan pakai sabun.

Dengan berdoa dan ikhtiar kepada Allah SWT kita bersama-sama melawan virus Covid-19, InsyaAllah kita semua terlindungi dan dijauhkan. Dan kita berdoa semoga wabah virus Covid-19 akan segera berahir. Aamiin.

Baik mari kita mulai sajai, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
 لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ: عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ، وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ، وَمَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ، وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ 
“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).” (HR. At-Tirmidz).
 

Inilah lima pertanyaan sebagaimana yang disebut dalam hadist di atas.
  1. Umurnya untuk apa ia gunakan,
  2. Masa mudanya dalam apa ia habiskan,
  3. Hartanya darimana ia peroleh,
  4. Hartanya dalam apa ia belanjakan,
  5. Ilmu yang ia ketahui dan apa yang ia amalkan.
Lima hal tersebut, mari kita renungkan bersama-sama sembari menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H yang sebentar lagi hadir. Dan kita niatkan untuk diteruskan dalam mengisi bulan Ramadhan dengan kesungguhan.

Semua terkait dengan masa atau waktu, disinlah pentingnya kita memanfaatkan umur, kesempatan dan nikmat (sehat, harta benda dan ilmu) dari Allah untuk beribadah kepadaNYA.

Mari bersama-sama memaksimalkan semua nikmat yang Allah berikan kepada kita untuk berbuat amal ibadah. Beramal kepada sesama manusia, alam semesta dan tentunya beribadah kepada Allah SWT.

Semoga kita semua bisa menjawab dan mempertanggungjawabkan kelima perkara tersebut kelak di hari kiamat. Sehingga kita menjadi orang yang masuk kelompok orang-orang yang beruntung. Aamiin. (ies)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...