Kamis, 23 April 2020

Ini Hasil Rapat Online TPQ Nurul Iman Penaruban

 
Rapat Bulanan Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban di mushala Al Haq pada 4 Mei 2019 lalu (Foto: Dok. Imam ES)
Rapat atau pertemuan Dewan Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah biasa rutin digelar setiap bulan.

Mengingat masih dalam kondisi tanggap darurat Covid-19, maka pertemuan yang biasa digelar secara tatap muka diganti melalui media WhatsAapp. Rapat secara online dimulai pukul 19.30– 21.00 WIB ini, diikuti oleh 13 Ustadz/ah, Rabu (22/4/2020).

Sebagai informasi, rapat bulanan sebelumnya biasa dilaksankan di sekretariat TPQ, di halaman atau di ruang kelas MIM Penaruban. Dan di rumah ustadz/ah secara bergantian/keliling atau di mushala al Haq dan an Nuur.

Bermusyawarah melalui media online ada keterbatasannya. Untuk itu agenda rapat perlu disusun secara berurutan, termasuk pembahasanya agar setiap sub pembahasan bisa berjalan efektif.

Sesi pertama yakni dengan menyampaikan secara tertulis agenda rapat untuk dibaca oleh semua anggota grup. Selanjutnya sesi pertanyaan dari tiap sub tema, dan jawaban akan disampaikan secara bertahap atau menyesuaikan sub tema atau pertanyaan.

Adapun agenda rapat kali ini meliputi perkembangan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) santri selama di rumah, masukan/saran wali santri, himbaun terkait puasa dan tarawih dirumah serta keadaan kas infaq santri. 

Tujuan rapat bulan April 2020 adalah untuk mengevaluasi masalah-masalah yang timbul selama KBM di rumah pada masa pandemi Covid-19 sejak tanggal 15 Maret 2020 lalu. Menyusun materi atau tugas belajar selama bulan Ramadhan 1441 H.
 
Rapat Bulanan Ustadz TPQ Nurul Iman Penaruban di Sekretariat TPQ pada 18 Agustus 2018 lalu. (Foto: Dok. Imam ES)
Adapun hasil rapat secara online, antara lain.
  1. Setiap Ustadz/ah konsisten mensosialisasikan surat edaran Menag nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H. Dan imbaun pemerintah tentang beribadah, bekerja dan belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19.
  2. Setiap ustadz/ah tetap memonitor proses KBM santri secara online melalui wali santrinya.
  3. Acara buka puasa bersama di mushala untuk sementara ditiadakan.
  4. Acara Panggung Ramadhan Santri Ke 3 juga ditiadakan. Diganti dengan kreasi seni di rumah masing-masing dengan dibuat video dan dikirim ke TPQ.
  5. Selama Ramadhan untuk santri kelas TK adalah belajar berpuasa. Dan untuk kelas TPQ/Quran wajib berpuasa dan shalat tarawih dirumah.
  6. Setiap ustadz membimbing dan memonitor santrinya sesuai kelas masing-masing.
  7. Materi bimbingan disampaikan melalui catatan, foto dan audio vidio.
  8. Setiap santri dibantu orang tuanya untuk mengirimkan audio atau video belajar, baik membaca atau hafalan dengan durasi maksimal 2 menit.
 Selanjutnya.

  1. Santri atau Ustadz yang membuat tulisan, foto dan audio video pembelajaran harus berpakaian muslim/ah dan sopan.
  2. Tulisan, foto audio vidio dikirim ke grup ustadz, jika akan dikirim/share ke medsos harus sepengetahuan TPQ (Kepala TPQ).
  3. Kelas Quran materi.
-   Tugas khataman mulai dari QS al Baqoroh ayat 110.
-   Hafalan doa sholat dan gerakanya.

  1. Kelas TPQ materi.
- Membaca Iqro sesuai tingkatan/halaman.
- Membaca secara tartil dan dihafalkan suratan pendek pada juz ke 30.
- Hafalan doa harian, termasuk doa niat dan berbuka puasa
  (sesuai materi pembelajaran, liat buku panduan).

  1. Kelas TK materi.
- Membaca Iqro sesuai tingkatan/halaman.
- Membaca dan dihafalkan secara tartil suratan pendek pada juz ke 30.
- Hafalan doa harian, termasuk doa niat dan berbuka puasa
   (sesuai materi pembelajaran, liat buku panduan).

  1. Bagi Wali Santri yang memiliki HP berbasis android/gadget, maka kegiatan belajar di rumah dapat difoto atau videokan dan di kirim ke TPQ melalui media grup Wali Santri
  2. Membuat (3/tiga) Grup WhatsApp Wali Santri sesuai Kelas masing-masing
Demikian hasil rapat bulan Apil 2020, semoga kita semua diberi kesehatan lahir dan bathin, kesabaran, keikhlasan dan istiqomah dalam berdakwah, aamiin. (ies)

#Ramadhan #Rapat #Online #TPQ Nurul Iman Penaruban #Penaruban #Purbalingga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Foto: KUA Kalimanah Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

Berita foto kegiatan Pelatihan Juru Sembelih Halal oleh KUA Kalimanah Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (15/7/202).   Kegiatan bertujuan membe...