Senin, 06 April 2020

Pengajian Online: Mari Sambut Ramadhan 1441 H dengan Suka Cita


Kuliah Tujuh Menit (kultum) oleh remaja putri MT Nurul Iman di mushala al Haq pada Ramadhan 1 Juni 2018 lalu (Foto: Dok. Imam ES)
Bapak, Ibu, Saudara/i dan semua kaum muslimin jemaah Majelis Taklim Khaerun Nisa, at Taqwa, an Nuur, Remaja Nurul Iman dan jemaah Jumat Manis Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang dirahmati Allah.

Meskipun masih dalam suasana tanggap darurat musibah virus Covid-19, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi yang hingga saat ini kita masih diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan tadzkir atau pengajian walaupun tidak dengan bertatap muka. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah pada suri tauladan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

Bapak, Ibu, Saudara/i dan semua kaum muslimin, delapan belas hari lagi (24/4/2020) insyaAllah Ramadhan 1441 H akan segera hadir. Untuk itu sebagai umat muslim tentu harus senang dan bergembira dalam menyambutnya.

Dikutip dari hidayatullah.com sebagaimana ketika terbitnya hilal di ufuk pertanda Ramadhan tiba, Rasul dan para sahabat menyambutnya dengan suka cita sembari membacakan doa :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ قَالَ : اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَم وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى ، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Dari Ibnu Umar dia berkata : Bila Rasul melihat hilal dia berkata : Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah hilal ini bagi kami membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman dan taufik kepada yang dicintai Robb kami dan diridhai-Nya. Robb kami dan Robbmu (hilal) adalah Allah.” (HR. Addaromi).


Umat Islam dianjurkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Adapun suka cita yang dimaksud adalah dengan menata diri/hati, banyak berdzikir, bersedekah dan mengharap serta niat mengisi bulan Ramadhan dengan penuh khusu’ agar bisa meraih, rahmat, barokah dan maghfiroh Allah SWT.

Kesempatan berjumpa dan bisa mengisi Ramadhan dengan penuh aktifitas ibadah adalah merupakan kenikmatan yang luar biasa. Karena dalam Ramadhan ada tiga hal pokok yang dibuka oleh Allah, yakni rahmat, barokah dan maghfiroh Allah SWT.

Tiga hal itu menjadi syarat penting bagi setiap kaum muslimin untuk bisa mendapatkanya tanpa kecuali. Keistimewaan inilah yang mendorong kaum muslimin untuk berlomba-lomba dalam menunaikan ibadah untuk bertaqorub/mendekatkan diri dan meraih keridhoanNYA.


Sebaliknya, sungguh akan sangat rugi bagi kaum muslimin yang diberi nikmat bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan namun lewat begitu saja karena tanpa bekas catatan amal ibadah. Rugi karena menyianyiakan waktu, kesempatan dan nikmat yang Allah SWT berikan.

Untuk itu, mari kita mulai saat ini kita bermunajat kepada Allah untuk bisa menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan dengan penuh kegembiraan, keihlasan dan kehusuan dalam beribadah.

Dan semoga Allah SWT segera menghilangkan wabah virus Covid-19, sehingga kita bisa kembali beribadah dengan normal di bulan suci ramadhan. (ies)

#Pengajian Online
#Ramadhan 1441 H
#Suka Cita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyuluh Agama Islam KUA Kalimanah Salurkan Bingkisan Lebaran Kepada Mualaf

  PAI Fungsional Yuyu Yuniawati, SAg, saat menyerahkan bingkisan kepada keluarga Mualaf di Desa Klapasawit, Kalimanah, Rabu (27/3/2024) (Fot...